Beberapa Teknik Dasar Passing Bola Basket

Bola basket adalah jenis permainan bola besar yang dijalankan secara tim. Pada masing-masing terdiri dari 5 orang pemain. Untuk berhasil memenangkan pertandingan, setiap pemain harus memahami teknik dasar passing bola basket yang benar. Karena itulah yang menjadi salah satu hal yang yang juga masuk dalam aturan permainannya.

Teknik passing di dalam permainan bola basket merupakan salah satu teknik untuk mengumpan bola antara teman pada satu tim pertandingan. Passing bisa dilakukan memakai satu tangan dan juga dua tangan. Terdapat beberapa jenis macam teknik melakukan passing di dalam pertandingan bola basket. Beberapa teknik tersebut bisa anda pelajari dalam penjelasan berikut ini.

5  Teknik Passing Bola Basket

Dibutuhkan skill dan kekuatan tangan untuk melakukan passing bola basket. Selain itu teknik yang harus di jalan kan juga harus benar. Beberapa jenis passing yang biasanya ada dipermainan antara lain:

  • Chest Pass

Merupakan teknik passing dengan cara menangkap bola setinggi dada pemain. Kemudian bola didorong sekuat tenaga mengarah pada teman satu tim. Teknik passing ini sangat cocok dan juga efektif untuk memberikan umpan cepat kepada teman satu tim.

  • Bounce Pass

Teknik passing selanjutnya yaitu dengan cara memantulkan bola ke lantai terlebih dahulu. Tujuan melakukan teknik vaksin ini adalah untuk mengecoh lawan yang sedang membendung dari arah berlawanan. Saat efektif dilakukan ketika beberapa lawan menghalangi pemain saat membawa bola.

  • Overhead Pass

Yang dilakukan dengan cara membawa bola diatas kepala dan melemparkannya kepada teman yang berbeda jauh ke depan. Ini sangat cocok dilakukan pada saat beberapa teman sedang berada di penjagaan ketat pihak lawan. Passing ini bertujuan untuk mengoper kepada teman yang yang lebih tinggi dari pembawa bola.

  • Baseball Pass

Teknik selanjutnya adalah mengoper dengan memakai satu tangan. Cara passing seperti ini sangat cocok digunakan ketika menerapkan sistem serangan balik pada saat lawan belum kembali pada daerahnya.

  • Back Pass

Teknik passing memakai satu tangan dengan mengoper bola melewati belakang punggung. Sangat efektif digunakan pada saat akan menerobos ataupun menyerang pertahanan pihak lawan.

Itulah sejumlah teknik passing di dalam permainan bola basket. Dengan mempelajarinya tentu saja Anda akan mendapatkan banyak wawasan baru ketika akan belajar permainan bola basket. Semoga manfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *