Tips Perlakuan Baju Koko Pria agar Awet Terawat

Baju koko pria yang dikenakan setiap kali shalat dan kegiatan keagamaan lain harus dirawat dengan baik agar selalu bersih dan awet. Dengan waktu pemakainnya yang berbeda, maka cara perawatan baju koko juga berbeda dengan baju-baju lainnya.

Jika tidak dirawat dengan baik, maka baju koko akan cepat rusak sehingga waktu pemakainnya akan sangat singkat. Anda tentu tidak ingin baju koko yang mahal cepat rusak karena tidak dirawat dengan baik. Nah, dibawah ini akan diulas tips merawat baju koko pria agar awet dan tahan lama.

Tips Merawat Baju Koko Pria agar Awet

pixabay.com

Pisahkan dengan Cucian Lain

Tips pertama merawat baju koko pria agar awat dan tahan lama adalah dengan tidak mencampurkannya dengan baju lain ketika dicuci. Baju koko harus diperlakukan secara khusus apalagi jika baju koko tersebut berwarna putih.

Jika dicampur dengan cucian lain, maka warna baju lain bisa saja luntur dan mengotori baju koko Anda. Jadi mulai sekarang pisahkan baju koko dengan cucian lain ketika ingin mencucinya, Anda tentu tidak mau datang ke acara khusus mengenakan baju koko yang tidak baik kondisinya.

Gunakan Pemutih yang Ringan

Tips kedua dalam merawat baju koko pria adalah dengan menggunakan pemutih dari bahan yang ringan. Jangan gunakan bahan yang keras karena bisa saja merusak kain baju koko.

Pada beberapa kasus, ada noda yang membandel dan sangat susah dihilangkan meskipun dikucek berulang kali. Jadi mau tidak mau solusinya adalah dengan menggunakan pemutih untuk melenyapkan noda tersebut.

Namun disarankan untuk tidak sering menggunakan pemutih karena bisa membuat kain baju menjadi tipis. Jadi yang seharusnya bisa dipakai selama 10 tahun menyusut menjadi 5 tahun saja. Ada banyak pemutih pakaian yang ramah lingkungan, Anda bisa pilih salah satunya.

Untuk itu, sebelum menggunakan pemutih, pastikan noda tersebut bisa dihilangkan meski tidak menggunakannya. Caranya adalah dengan merendam dicampur sabun cuci dalam waktu yang lama. Kemudian dikucek berulang kali sehingga noda benar-benar hilang. Intinya pemutih adalah opsi terakhir setelah Anda melakukan semua upaya.

Cuci Manual

Jika baju koko pria yang Anda miliki berbahan lembut, maka hindari menggunakan mesin cuci. Sebenarnya ini juga berlaku untuk semua jenis koko yang memang membutuhkan perlakukan yang ekstra hati-hati agar tidak mudah rusak.

Untuk itu, cuci baju koko secara manual alias dengan menggunakan tangan. Menggunakan sikat juga tidak perlu di seluruh bagian baju, cukup di bagian yang paling banyak nodanya dan paling susah dijangkau. Menggunakan sikat memang dapat merusak tekstur permukaan baju koko yang halus.

Letakkan Kapur Barus di Lemari

Baju koko memang sering digunakan hanya di acara tertentu saja, jadi akan lebih sering berada di almari. Nah, jika baju koko memang jarang dipakai maka letakkan bebarapa kapur barus di lemari, agar baju koko tidak apek, berjamur dan dihinggapi kecoa.

Keringkan Secara Alami

Tips merawat baju koko selanjutnya adalah dengan mengeringkannya secara alami memanfaatkan cahaya matahari. Hindari menggunakan pengering baju yang sepaket dengan mesin cuci. Karena jika terlalu sering menggunakan pengering baju maka tekstur lembut pada koko akan hilang/rusak.

Jadi mengeringkan secara alami adalah pilihan yang tepat, itu pun tidak boleh terlalu lama. Cukup hanya 3 jam koko biasanya sudah kering. Oya kalau mendung, Anda bisa menjemurnya di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar.

Tips Memilih Baju Koko Pria

pixabay.com

Bahan yang Digunakan

Pilih bahan baju koko dari bahan yang berkualitas dan membuat Anda nyaman mengenakannya. Biasanya bahan baju koko yang paling banyak adalah berasal dari katun. Bahan ini memang sangat nyaman dikenakan di tubuh karena dapat menyerap keringat dengan baik, makanya sangat digandrungi banyak orang.

Keragaman Motif

Banyak model baju koko yang bisa Anda pilih, yang polos atau yang bermotif elegan. Semua bisa disesuaikan dengan acara yang ingin Anda hadiri, jika untuk acara keagamaan bisa mengenakan baju koko polos. Namun jika ingin menggunakan koko untuk acara santai semisal jalan-jalan maka bisa memakai koko yang bermotif.

Warna yang Sesuai

Pilih baju koko yang memiliki warna sesuai dengan tema acara agar matching dan sesuai tempatnya. Untuk ke masjid bisa mengenakan koko berwarna cerah atau putih. Sedangkan untuk acara keluarga yang santai bisa mengenakan koko dengan warna bebas sesuai selera Anda.

Demikianlah ulasan tentang tips merawat baju koko pria agar tetap awet dan tahan lama. Untuk Anda yang sedang berburu baju koko, tak ada salahnya mulai coba membeli koko Pakistan. Tentunya dijamin berkualitas unggulan dengan model kekinian yang terus ter-uptodate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *