Bahaya Anak Tidak Mau Makan

Anak susah makan biasanya menjadi masalah tersendiri bagi orang tua. Ketika mereka makan pun suka sekali memilih-milih makanan.

Padahal aktivitas makan adalah rutinitas sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Maka jika anak susah makan biasanya akan terganggu pertumbuhannya serta berat badannya menurun. 

Berikut ini adalah beberapa bahaya jika anak tidak mau makan yang perlu orang tua ketahui yaitu :

Peradangan lambung

Perut kita tidak akan pernah berhenti untuk beristirahat. Perut juga akan tetap memproduksi cairan walaupun anak berhenti makan.

Dikarenakan perut tidak terisi makanan maka lambung akan teriritasi. Biasanya anak akan merasakan nyeri sampai menjalar ke bagian ulu hati. Bila hal ini terjadi terus menerus dan sangat lama maka akan timbul asam lambung. Oleh karena itu apabila anak tidak mau makan maka akan mengalami peradangan pada lambung.

Tulang menjadi lemah karena kekurangan kalsium

Tulang termasuk bagian pendukung tubuh yang sangat penting. Jika tulang mengalami masalah maka geraknya menjadi terbatas.

Anak-anak yang tidak makan biasanya kondisi tulangnya melemah karena kekurangan kalsium. Padahal makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan sumber kalsium. Kemungkinan terburuknya jika hal ini terjadi maka tulang dan sendi pada anak akan menjadi rawan untuk patah.

Mudah lelah

Jika anak tidak mau makan maka kondisi pada anak akan mudah lelah. Hal ini dikarenakan tidak adanya nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

Karena pasokan glukosa berkurang maka tubuh akan melemah. Oleh karena itu dalam menjalankan aktivitasnya tubuh akan menjadi kurang optimal.

Selain itu karena tidak adanya makanan yang masuk maka kalori tidak ada yang bisa dibakar. Hal ini yang menyebabkan anak menjadi mudah lelah,lemah,letih dan lesu.

Menyebabkan gangguan kesehatan

Orang tua harus memantau perkembangan anak ketika anak tidak mau makan. Kondisi yang tidak mau makan ini menjadikan suhu tubuh anak menjadi menurun. Disamping itu juga kulit menjadi mengering.

Itulah beberapa bahaya ketika anak tidak mau makan. Bagaimanapun juga makanan sangat penting untuk perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *