Ngaku Hobi Tenis Meja, Sudah Tahukah Peraturan Terbarunya?

Bagi Anda yang memiliki hobi tenis meja, sudah pasti ingin selau update peraturan-peraturan terbarunya. Pasalnya sangat tida lucu jika mengaku penggemar berat olahraga ini tapi di sisi lain buta terhadap hal yang bisa dikatakan paling mendasar seperti ini.

Tenis meja bisa dikatakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terbukti cukup banyak lapangan tenis meja yang tersebar hingga ke pelosok-pelosok desa. Meskipun perlu diakui jika tenis meja masih kalah populer jika dibandingkan dengan sepak bola atau bola voli.

Menyelenggarakan Turnamen Tenis Meja

Umumnya orang yang memiliki hobi terhadap sesuatu, semisal hobi tenis meja pasti suka mengoleksi berbagai hal yang berhubungan dengan olahraga tersebut. Selain itu sekali waktu pasti ada niatan untuk menyelenggarakan turnamen tenis meja.

Agar supaya turnamen yang ingin Anda selenggarakan sukses, maka salah satu hal paling penting untuk diperhatikan adalah berkaitan dengan bagaimana cara Anda mempromosikannya. Dan salah satu cara yang terbilang cukup efektif adalah dengan menggunakan media poster.

Apalagi saat ini poster tidak melulu dalam bentuk cetak saja. Kini sudah banyak juga poster dalam bentuk digital. Artinya secara daya tarik sudah pasti akan semakin optimal. Dan untuk Anda yang ada niatan untuk membuat poster turnamen tenis meja, kenapa Anda tida mencoba menggunakan Custom Posterssaja. Memangnya apa itu?

Sederhananya adalah sebuah poster yang secara konsep, ide, dan desain diserahkan kepada pemesannya. Dengan demikian poster secara tampilan akan sangat sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat beberapa contoh Custom Posters di sini.

Beberapa Peraturan Dalam Tenis Meja

Ada beberapa peraturan dalam tenis meja yang dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan skor dan berbagai hal lainnya. Nah, pada saat Anda ingin menyelenggarakan turnamen tenis meja, mengetahui hal paling mendasar semacam ini tidak bisa ditawar lagi.

Kemudian berkaitan dengan berbagai peraturan mendasar dalam tenis meja diantaranya seperti:

  1. Bola

Penting untuk diketahui jika bola yang digunakan untuk olahraga tenis meja memiliki standar ukuran khusus. Berkaitan dengan diameternya, ukaran standarnya adalah 40 mm. Sementara untuk berat bolanya adalah 2,7 g.

  1. Net

Untuk standar net pada tenis meja, net harus terpasang pada tiang penyangga yang dipasang dengan panjang dari sisi meja sepanjang 15,25 cm. Kemudian untuk tinggi netnya sendiri tidak boleh lebih dari 15,25 cm. Selain itu net yang terpasang pada meja tenis diharuskan rapat atau menyentuh dasar meja. Artinya tidak boleh ada gap atau net mengambang dari meja.

  1. Meja

Ukuran standar dari meja tenis untuk panjangnya adalah 2,74 m. Kemudian untuk lebarnya adalah 1,525 m. Lalu untuk tinggi mejanya adalah 76 cm dari lantai. Selain itu warna meja tenis harus gelap dan garis pembatasnya harus berwarna merah dengan lebar 2 cm.

Kemudian bahan yang digunakan untuk membuat meja harus bahan yang bisa membuat pantulan bola tenis setinggi 23 cm ketika pemain menjatuhkan bolanya pada ketinggian 30 cm.

  1. Bet

Bahan yang digunakan untuk membuat bet tenis haruslah kayu sebanyak 85% dan selebihnya bisa menggunakan serat karbon agar bet menjadi lebih kuat. Selain itu umumnya ditambah dengan serat kaca dan kertas padart agar bet tenis semakin kokoh.

Kemudian sisi daun bed atau raket yang digunakan untuk menerima bola harus dilapisi dengan karet yang licin. Sementara itu untuk ketebalan dari karet pelapis tidak boleh lebih dari 2 mm untuk penggunaan tanpa spons dan 4 mm jika bed menggunakan spons.

Pengambilan Bola Dan Tata Cara Service

Peraturan mendasar lain yang harus dipahami adalah terkait dengan tata cara pengambilan bola dan service. Adapun cara yang benar adalah seperti ini:

  1. Service dilakukan dengan posisi bola berada di tengah telapak tangan dalam kondisi diam. Setelah itu bola dilambungkan ke atas dengan posisi vertikal.
  2. Bola tenis dilambungkan tanpa putaran dengan ketinggian 16 cm lalu dipukul setelah bola turun tanpa bola menyentuh meja terlebih dahulu.
  3. Pada saat melakukan service, bola tenis harus terlihat oleh penerima bola.
  4. Pada saat mengembalikan bola service, bola diharuskan melewati net dan sudah menyetuh meja satu kali.
  5. Jika service tidak dilakukan dengan benar, maka wasit atau asisten wasit harus memberi peringatan.

Seperti itulah ulasan lengkap berkaitan dengan peraturan paling mendasar dalam tenis meja. Dan sebagai orang yang memiliki hobi tenis meja sudah seharusnya hal-hal semacam ini harus Anda ketahui dan pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *