Lebih Kreatif Dengan 4 Aplikasi Edit Video

Perkembangan media sosial sangat pesat di zaman modern ini. Selain sebagai media komunikasi, media sosial juga menjadi ajang kreativitas bagi orang-orang. Dimulai di tahun 2014 banyak orang mengunggah video-video kreatif di sosial media Instagram, bahkan membentuk komunitas, seperti Indovidgram.

Indovidgram adalah wadah bagi beberapa orang yang ingin menyalurkan kreativitasnya lewat video di Instagram, seperti video humor, video memasak, video traveling, atau video kreatif lainnya. Setelah era keemasan video kreatif di Instagram, sekarang para pembuat video kreatif atau yang biasa disebut kreator kini merambah dunia Youtube.

Hal ini dikarenakan mengunggah video di platform Youtube mampu menghasilkan income melalui Adsense. Untuk menghasilkan video kreatif yang menarik, tidak hanya membutuhkan kreativitas, melainkan juga kemampuan dalam membuat video yang nyaman untuk dilihat.

Untuk membuatnya terwujud, maka dibutuhkan beberapa aplikasi pengedit video yang mampu membantu menghasilkan video yang asik dan kreatif untuk ditonton. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video.

pexels.com
  1. FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo berasal dari aplikasi pengedit video di desktop Flimora Wondershare. FilmoraGo terkenal dengan kapasitasnya yang ringan, sehingga tidak terlalu memakan banyak penyimpanan di smartphone. Aplikasi FilmoraGo sangat cocok bagi mereka yang baru saja belajar cara menegedit video.

Dengan aplikasi ini, beberapa video dapat diedit menjai satu.  Fitur-fitur pada aplikasi FilmoraGo tidak kalah dengan aplikasi sekelas Adobe Premiere. Salah satu fiturnya adalah penambahan musik pada video. Musik dapat ditambahkan ke video dari perangkat smartphone maupun musik bawaan aplikasi.

Musik dapat diedit untuk disesuaikan oleh video, seperti dapat diatur waktunya dan juga volumenya. Fitur lainnya yang cukup mendukung proses editing video adalah theme atau tema. Tema dalam FilmoraGo adapat membuat video seperti diedit oleh seorang profesional.

Beberapa efek dan filter tersedia, yang akan membuat video terlihat kreatif. Fitur lainnya yang mendukung proses editing foto antara lain, teks, filter, dan alat editing lainnya. Selain vide, FilmoraGo juga dapat mengedit gambar.

  1. Power Director

Aplikasi Pengedit video yang satu ini juga banyak digunakan oleh para kreator. Hampir sama dengan FilmoraGo, Power Director dapat menggabungkan beberapa video menjadi satu foto serta menambahkan musik ke dalammnya.

Beberapa fitur pada power director yang emndukung ialah beberapa efek transisi yang tersedia, yang dapat memberikan kesan dramatis pada video.

Satu hal yang paling khas di Power Director adalah efek pada tulisan. Tulisan yang muncul pada video dapat muncul dengan beberapa efek. Terdapat juga efek Slow Motion seperti pada kamera GoPro, yang memberikan efek profesional pada video.

pexels.com
  1. Kinemaster

KInemaster merupakan aplikasi pengedit video buatan NexStreaming Corp dari Korea Selatan. Kinemaster termasuk pengedit video yang dirancang fleksible oleh pengembangnya. Saat kita membuka aplikasinya maka kita akan menemukan sebuah tombol merah yang digunakan untuk membuat project baru video.

Apikasi KInemaster muncul dalam bentuk landscape guna mempermudah proses pengeditan. Terdapat dua jenis pilihan cara mengedit pada KInemaster, yaitu Project Assistant dan Empty Project. Dalam Project Assistant, anda akan dibantu dalam meimilih fitur untuk digunakan mngedit video, mulai dari pemilihan video, tema, tulisan, serta musik, hingga menghasilkan suatu video yang cantik.

Terdapat empat pilihan tema di Kinemaster, Basic, On Stage, Serene, dan Travel. Terdapat juga fitur pengedit teks dan musik yang hampir sama dengan aplikasi pengedit video lainnya. Kinemaster juga menyediakan fitur layer dalam pengeditan video sehingga mempermudah pengerjaan project video.

  1. Inshot

Inshot dapat dikatakan sebagai aplikasi pengedit video paling sederhana. Tidak terdapat fitur tema pada aplikasi pengedit video ini,selain itu tidak terdapat juga efek transisi yang biasanya menjadi efek yang paling dicari di aplikasi pengedit video.

Tulisan yang ditambahkan ke dalam video pun juga tidak memiliki efek. Namun, efek penambah audio terdapat juga pada Inshot. Inshot menyediakan beberapa pilihan musik yang sudah tersedia di aplikasi. Musik latar yang disediakan Inshot termasuk memiliki banyak pilihan.

Musik yang disediakan juga termasuk musik yang modern. Namun, musik yang akan digunakan harus di download terlebih dahulu dengan cara mengklik pada music yang diinginkan. Inshot juga mnyarankan untuk mengcopy keterangan tentang musik yang diambil untuk menghargai pembuat musik  pada aplikasi ini.

Fitur lain di Inshot yang dapat memberikan kesan estetika adalah fitur efek. Efek yang disediakan Inshot terbilang cukup modern, seperti glitch dan monochrome. Walaupun Inshot hanya memiliki sedikit fitur, akan tetapi Inshot sangat membantu untuk mengedit video dalam waktu yang singkat. Selain video, aplikasi Inshot juga dapat mengedit foto.

Itulah beberapa aplikasi pengedit video yang dapat membantu dalam proses pengerjaaan video kreatif. Aplikasi di atas selain sangat membantu dalam mengedit video juga merupakan aplikasi gratis. Sehingga kreator pun dapat mengembangkan kreativitas mereka secara bebas.

Video Kreatif pun akan lebih asik ditonton dengan efek-efek yang mengagumkan. Video-video kreatif pun dapat di download, Anda dapat menngetikan kata ‘cara download video Instagram’ pada mesin pencarian Google untuk mendapatkan langkah-langkah mendownload video di Instagram.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *