Penggunaan yang Tepat Agar Printer Tidak Mudah Rusak

Tidak banyak orang yang memperhatikan mengenai printer tips & trick. Padahal, jika mereka sering memberikan perhatian, maka mereka bisa sedikit lebih hemat.

Salah satu alat elektronik yang paling sering rusak adalah printer. Apalagi jika printer sering digunakan. Mungkin dari sekian banyak alat elektronik yang ada, printer lah yang bakal sering keluar-masuk tempat service. Dan itu artinya Anda harus keluar banyak uang.

Maka dari itu, ada baiknya Anda belajar tentang tips dan trik merawat printer. Anda tidak perlu pelajari hal-hal yang rumit yang terkait dengan hardware. Cukup pelajari tentang hal-hal yang terkait dengan software, misalnya saja bagaimana cara sharing printer, cara membersihkan printer, dan lain sebagainya.

Tips Merawat Printer agar Awet

Selain mudah rusak, printer juga paling cepat harus dibuang dan diganti dengan yang baru. Mungkin, komputer bisa bertahan hingga 5 bahkan 10 tahun. Namun, printer mungkin hanya bisa bertahan hingga 3 tahunan. Tentu itu tergantung juga dengan frekuensi penggunaan.

Anda bisa membuat printer lebih awet jika Anda melakukan perawatan seperti berikut ini:

  1. Menggunakan Printer Secara Rutin

Printer itu seperti alat elektronik lain. Semakin jarang digunakan, maka semakin tinggi risiko rusak. Apalagi ada cartridge. Jika sampai satu bulan atau bahkan lebih tidak digunakan, maka tinta bisa mengendap. Komponen printer lain bisa rusak dan akhirnya printer tidak bisa digunakan lagi.

Untuk itu, gunakan printer secara rutin. Jika memang Anda tidak setiap hari melakukan printing, Anda bisa print apa saja. Itu sangat direkomendasikan agar tinta tidak mengendap. Dan komponen printer lain, terutama komponen untuk mencetak tidak berkarat.

  1. Membersihkan Printer Secara Rutin

Bagaimana cara membersihkan printer? Mudah sekali. Bersihkan bagian-bagian tertentu di mana Anda menemukan debu mengendap. Misalnya saja pada bagian kertas. Ini bagian yang sangat rentan sekali terkena debu.

Gunakan tisu bersih. Jika kotoran berupa debu cukup tebal, basahi tisu dengan sedikit air. Lap bagian yang berdebu. Lakukan hal tersebut setiap hari di pagi hari sebelum Anda gunakan printer.

  1. Melakuan Clean Head

Apa itu clean head? Ini proses agar tinta bisa terserap dengan baik sehingga warna yang muncul pada kertas bisa terlihat lebih maksimal.

Pernah lihat warna hitam yang tidak terlalu hitam? Atau warna kuning yang tidak begitu kuning? Bisa jadi itu disebabkan Anda tidak pernah melakukan clean head.

Anda bisa cari tutorial bagaimana melakukan clean head karena caranya sesuai dengan merk dan juga seri printer yang Anda miliki. Lakukan clean head 2 minggu sekali. Itu sudah lebih dari kata cukup.

  1. Terapkan Cara Mencetak yang Tepat

Mungkin Anda punya pekerjaan yang menumpuk sehingga Anda dituntut untuk mencetak yang banyak dan cepat. Namun, sebaiknya jangan biarkan printer Anda bekerja terlalu keras.

Mungkin Anda ingn mencetak 100 halaman dalam sekali waktu. Jangan lakukan itu. Berikan jeda. Misalnya saja Anda print setiap 10 halaman. Biarkan printer istirahat di antara jeda setiap 10 halaman. Ini cara yang sangat efektif untuk mencegah kerusakan pada printer.

  1. Jangan Asal Gunakan Tinta

Bagian yang paling risak adalah tinta. Sering sekali printer tidak bisa mencetak dengan baik. Bisa saja itu disebabkan oleh tinta. Bahkan tinta yang tidak direkomendasikan ketika digunakan bisa merusakan komponen printer lainnya.

Mungkin Anda bisa mendapatkan tinta dengan harga yang jauh lebih murah. Namun, lihat dulu buku instruksi. Pilihlah merk tinta sesuai dengan ketentuan di buku instruksi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda pelajari. Tentu masih banyak sekali printer tips % trick yang harus Anda pelajari. Namun, setidaknya Anda pahami dulu bagaimana cara merawat printer agar tidak mudah rusak.

Memilih Printer yang Bisa Diandalkan

Sebenarnya, semua printer itu sama. Hanya saja, ketika Anda bisa merawat dan menggunakan dengan baik, maka printer bisa tahan lama.

Namun, ada hal yang harus Anda pertimbangkan. Pertama, pilihlah printer yang merk atau brandnya sudah terkenal. Kedua, pilih printer yang menawarkan garansi. Karena dengan memberikan garansi, itu bentuk kepercayaan diri pabrik atas kualitas produk yang mereka buat. Dan yang ketiga, pertimbangkan harga cartridge. Secara umum, printer yang harga cartridge-nya mahal itu lebih tahan lama.

Itulah beberapa tips merawat dan memilih printer yang bisa Anda pelajari. Semoga Anda bisa berpikir lebih bijak sebelum akhirnya membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *