5 Alasan Kenapa Domba Garut Termahal Bisa Kuras Kantungmu!

Banyak lomba adu tangkas hewan yang sudah mendarah daging dengan budaya masyarakat Indonesia. Adu tangkas hewan ini mulai dari adu tangkas ayam, karapan sapi, burung, bahkan adu tangkas domba. Hewan hewan adu tangkas ini memiliki perawatan yang cukup rumit lho. Tak heran jika penjualan hewan adu tangkas ini cukup menguntungkan, salah satunya domba garut. Yuk simak alasan mengapa domba garut termahal di pasaran.

Alasan Daya Jual yang Tinggi Domba Adu Tangkas

  1. Adanya Kelas Domba

Adu ketangkasan pada domba garut dilakukan berdasarkan kelas domba. Jadi, pastikan domba anda sudah memenuhi kriteria untuk lolos di setiap kelas ya. Kelas ini dibedakan menjadi tiga yaitu kelas A, B, dan C. kelas A diikuti oleh domba yang memiliki ukuran yang cukup besar dan berat diatas 75 kg. Sementara kelas B memiliki kriteria berat badan 65 kg hingga 75 kg, dan untuk kelas C domba harus memiliki berat 65 kg.

2 Perawatan yang Mahal

Domba yang terkenal karena adu tangkas yang mesti dimiliki ini, memiliki perawatan yang eksklusif lho. Jika anda benar benar berminat untuk merawat domba garut, maka selalu lakukan perawatan rutin untuk pemeliharaan sang domba. Menjelang pertandingan, domba akan diberi asupan vitamin, sayur, ampas tahu, dan daun hijau sebagai asupan. Agar domba garut termahal terlihat tangkas, maka sesekali diajak untuk berkeliling, berlari, dipijat hingga berenang.

  1. Tanduk Domba yang Tangkas

Selain tubuh yang kekar dan berotot, domba garut juga memiliki daya jual yang tinggi pada tanduknya. Para pembeli akan memperhatikan tanduk domba yang paling tangkas untuk dibeli. Untuk menghasilkan domba dengan tanduk yang tangkas, maka perlu dilakukan perawatan tanduk sejak domba masih kecil. Perawatan ini berupa pemolesan minyak, mentega dan pencukuran bulu disekitar tanduk agar tanduk bisa tumbuh dengan baik.

  1. Domba Kontes yang Tak Mudah Dikalahkan

Dengan perawatan yang baik dan eksklusif, maka hewan asli garut ini tidak akan kalah saat pertandingan. Mempunyai tanduk yang tangkas dan badan yang besar, domba tidak akan mudah dikalahkan oleh para pesaingnya. Akan sangat menyenangkan, ketika domba yang anda pelihara mendapat kejuaraan saat pertandingan adu tangkas domba.

  1. Dapat Meraup Untung Saat Mendapat Kemenangan

Hadiah yang akan diberikan saat kontes adu domba ada beragam mulai dari hadiah mobil dan uang tunai hingga 50 juta rupiah. Tentu para pemilik domba garut termahal akan memperoleh keuntungan yang sangat besar saat mendapatkan kejuaran. Tak hanya itu, harga jual domba garut akan semakin mahal dan semakin tinggi, jika telah memenangkan lomba kejuaraan.

Jika ditanya harga, maka domba ini memiliki kisaran harga 75 juta hingga ratusan juta rupiah. Tak hanya harga jual nya yang mahal, perawatan yang eksklusif juga menjadikan pemilik domba harus lebih rutin dalam merawatnya. Dengan harga beli yang cukup tinggi ini, domba asal Garut ini juga memiliki daya jual yang tinggi. Bagaimana tertarik untuk merawat domba garut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *