4 Jenis Melon Indonesia Terpopuler

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis. Oleh karena itu, Indonesia bukanlah tempat terbaik untuk menanam melon. Tetapi, terdapat beberapa jenis melon yang dapat tumbuh subur di negara ini. Untuk cita rasa pun, melon Indonesia tidak kalah dengan beberapa melon di negara subtropis, dimana merupakan wilayah terbaik untuk budidaya melon, seperti Jepang. Dengan menjamurnya budidaya melon, menjadikan melon salah satu buah yang cukup populer di Indonesia.

Berikut merupakan beberapa jenis melon yang populer di Indonesia, antara lain:

  1. Melon Emas atau Golden Melon

Melon ini memiliki nama berdasarkan kulit buahnya yang berwarna kuning keemasan. Karakteristik dari melon emas adalah kulitnya yang lembut dan serta tidak memiliki pola jaring seperti melon jenis lain.

Melon ini memiliki 2 jenis berdasarkan bentuknya, yaitu golden light melon yang memiliki bentuk bulat dan golden langkawi melon yang bentuknya adalah lonjong. Melon emas memiliki rasa yang cenderung manis, yang cocok untuk dijadikan salah satu bahan untuk salad buah. Akan tetapi, aroma dari melon ini tidak seharum melon jenis lain.

  1. Melon “Oren” atau Rock Melon

Rock melon memiliki karakteristik kulit yang tekstur jaring yang jarang, namun tegas dan kasar, seperti batu. Daging buah dari rock melon berwarna oranye. Kandungan air pada melon jenis ini relatif lebih sedikit dibandingkan dengan melon lainnya, yang membuat daging buah dari rock melon terkesan kering. Melon ini cocok untuk dijadikan jus buah karena akan menghasilkan jus yang tidak terlalu encer, selain itu, rock melon juga cocok untuk dijadikan sop buah atau es buah.

  1. Melon Hijau atau Sky Rocket Melon

Berasal dari Selandia Baru, melon hijau merupakan jenis melon yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Bila diperhatikan secara teliti, hanya terdapat sedikit perbedaan antara melon jenis ini dan rock melon. Namun, pola jaring pada melon hijau lebih banyak dan terlihat samar-samar. Kulitnya pun tidak sekeras rock melon, namun juga masih kalah lembut dibandingkan dengan melon emas.

Jika dibelah, akan terlihat daging buahnya yang berwarna hijau. Melon hijau memiliki rasa yang manis dan aromanya pun sangat kuat. Kandungan air yang banyak juga merupakan tanda bahwa melon ini kaya akan kandungan vitamin C.

  1. Melon Madu atau Honeydew Melon

Melon madu merupakan yang paling manis jika dibandingkan dengan jenis lain. Secara karakteristik, kulit dari melon ini berwarna hijau keputihan, teksturnya pun cenderung halus. Untuk daging buahnya sendiri memiliki warna yang sama dengan melon hijau.

Berdasarkan penjelasan di atas tentang melon Indonesia terpopuler, buah-buah tersebut bisa dengan mudah didapatkan di Indonesia, seperti di pasar tradisional maupun supermarket.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *